Kamis, 18 Oktober 2012

Tips Modifikasi Mobil dan Motor

EPS : Electric Power Steering Ketika Pompa Berganti Motor Listrik

Gambar Electric power steering
Pernah terbayang enggak, nyetir mobil saat ini tanpa bantuan perangkat power steering?

Kita berharap alat yang terpasang pada kendaraan penumpang pertama kali di Chrysler Imperial tahun 1951 ini terus dikembangkan.

Bayangkan saja, betapa mudahnya parkir di lokasi sempit atau mengendarai di jalan macet yang kerap dijumpai saat ini di Indonesia.

Nah, seiring perkembangan teknologi, perangkat tersebut belakangan banyak digerakkan oleh motor listrik.

Padahal, generasi sebelumnya menggunakan hidrolis dengan oli power steering. Kenapa harus pakai motor listrik daripada hidrolis seperti dulu, bagaimana cara kerja dan perawatan jika EPS mengalami kerusakan?

Sejarah Electric Power Steering atau EPS
EPS (Electric Power Steering) di Indonesia rasanya bermula ketika Mazda Vantrend memakai perangkat ini di tahun 1990-an. Setelah itu, giliran Suzuki Karimun hingga sekarang ini terlalu banyak mobil yang pakai. Saat itu, Vantrend masih memakai EPS yang diletakkan pada steering rack.

Selain itu, ada model semi elektris yang memakai kombinasi elektris dengan hidrolis. Jadi, motor elektris hanya digerakkan untuk mendorong pompa oli yang akan memutar rack setir. Contoh pada Chevrolet Zafira ataupun Mercedes Benz A-Class. Hasilnya, masih butuh perawatan dan penggantian oli untuk jangka panjang.

Untuk model full elektrik yang dipercaya untuk memutar rack,tidak menggunakan belt yang memutar pompa. Gerakan pompa digantikan oleh motor elektrik.

Terdapat sedikit perbedaan posisi atau letak motor elektrik. Misalkan di Toyota Yaris dan New Avanza motor elektrik nya ada di batang setir, sedangkan Honda New Jazz dan Suzuki Swift menempel pada rack setir.

Tetap Waspada - Mengenal Indikator Speedometer

Beberapa waktu lalu, panel indikator tiap tunggangan boleh dibilang serupa. Selain jarum spidometer dan tachometer, ada lampu-lampu berupa lambang baterai, rem parkir dan panah untuk lampu sein. Selain ada beberapa jarum lain seperti penunjuk bensin dan temperaturatau suhu mesin (air radiator). Namun, mobil sekarang belum tentu sama. Secara umum ada perbedaannya.

Indikator speedometer
Peringatan berupa tulisan pada MID biasa ada di mobil Eropa

BEDA WARNA
Seiring teknologi, lampu indikator pada panel instrumen pun mengalami perubahan. Ada yang bertambah dan juga berkurang. Seperti indikator airbag dengan lambang orang dan balon di depannya, lantas gambar mobil dengan jalur zig-zag (ESP atau Traction Control Off), serta gambar mesin (Engine Check).

Namun, ada yang berkurang, seperti pada beberapa tunggangan Eropa tak lagi menempatkan lampu berlambang baterai pada panel instrumennya, sementara pada beberapa mobil Jepang, tidak menempatkan jarum penunjuk temperatur mesin. Begitu pun indikator bensin, tak melulu menampilkan jarum analog, melainkan berupa garis-garis (bars).

Indikator speedometer

 Warna kuning masih bisa digunakan, sementara merah kondisi darurat

"Lampu-lampu ini akan menyala pada saat kunci kontak pada posisi ON dan akan mati setelah mesin menyala," tutur Parman Suanda, Service Manager Plaza Toyota, cabang Tendean, Jaksel.

Tanda seperti gambar baterai tadi misalkan. Ketika mesin sudah menyala, semestinya lampu ini mati. Jika masih menyala berarti ada ketidak-beresan pada sistem pengisian baterai. "Indikator ini berguna agar pengemudi waspada dan segera bawa ke bengkel agar tidak merembet ke bagian yang lain," ungkapnya.

Sementara buat mobil yang tidak menampilkan gambar baterai itu, biasanya digantikan dengan peringatan tertulis pada layar MID, seperti pada BMW atau Audi, jika terdeteksi ada kerusakan di bagian tersebut.

Untuk suhu mesin, sudah cukup banyak yang hanya menggunakan indikator lampu pada saat mesin masih dingin (warna biru) atau mesin sudah terlalu panas (warna merah). "Saat warna biru berarti di bawah suhu ideal 86 derajat celcius. Sementara warna merah ketika di atas 92 derajat celcius," tukas Parman.

Indikator dashboard Toyota Crown 2002

Tetapi patut dicatat, warna dari lampu-lampu indikator itu pun mengandung arti. Seperti warna merah, ketika menyala saat mesin sedang hidup, berarti pengemudinya harus segera mematikan mesin dan menghubungi bengkel untuk diderek. Tetapi, ketika warna kuning, pengemudi masih bisa menjalankan mobil untuk ke bengkel.

Cara Periksa Kerja Tutup Radiator Tanpa Alat

Gambar untuk periksa atau mengecek kerja tutup radiator mobil tanpa menggunakan alat radiator cup tester

Lihat Juga Akibat jika tutup radiator rusak dan Cara Kerja Tutup Radiator

Mengatasi Suara Mesin Yang Masuk Speaker Audio Mobil

Suara mesin yang masuk ke speaker Audio mobil atau terdengar suara storing atau suara nguing saat mesin di hidupkan dan terdengar melalui speaker tape atau power sangat mengganggu.

Sekedar cerita  bagaimana mengatasi Suara Mesin yang terdengar nguing melalui tape atau mengatasi suara mesin yang masuk speaker audio mobil saat mesin hidup.

Ketika mengganti tape untuk Mitshubishi Galant tahun 1993, yang kebetulan sudah dianggap jadul karena failitas yang terbatas, hanya bisa setel radio sama kaset tape saja. Dari segi suara atau kualitas Audio tidak ada masalah.

Timbul masalah baru ketika tape atau dvd pengganti dengan fasilitas tape lebih lengkap terpasang, seperti Card reader, USB Reader serta DVD tentunya. Masalah yang timbul adalah ketika mesin di hidupkan, suara mesin terdengar ngaung dari speaker tape. Padahal tape sebelumnya tidak terdengar bunyi storing saat mesin mobil di hidupkan. Kira kira apa penyebab nya ya?

Cara "Otomotif Qita" mengatasi suara mesin yang masuk ke speaker Audio Mobil :
  1. Periksa jalur kabel listrik tape terutama B+ Stand BY umumnya kabel kuning, ACC kabel warna merah, Ground kabel warna hitam serta Body tape apakah terhubung dengan baik? Hasilnya semua kabel sudah terhubung dengan baik, karena mengikuti bekas sambungan kabel tape sebelumnya.
  2. Kemudian saya lepaskan kabel ground tape dari sambungan sedangkan body tape tetap terhubung dengan body atau chasis dengan sekrup atau baut, hasilnya sama saja, tetap terdengar bunyi nguing atau storing saat mesin hidup.
  3. Langkah yang ketiga adalah lepaskan hubungan body tape dengan chasis atau ground mobil, dan posisi kabel ground/negatif tape tetap terhubung dengan jalur kabel ground tape sebelumnya yang mengambil negatif dari ground cigaret lighter, hasilnya bunyi storing mesin hilang atau tidak terdengar lagi.
    Tetapi begitu body tape di sentuhkan ke chasis atau ground bodi mobil terdengar lagi bunyi storing tersebut. Masalahnya sekarang, bagaimana cara meletakan tape mobil tanpa terhubung atau tersentuh antara body tape dengan ground atau chasis. Tidak terjawab karena tidak mungkin buat dudukan baru yang tidak membuat saling bersentuhan antara body tape dengan chasis atau ground.
  4. Sambil berpikir sejenak mengingat kasus yang sama pernah terjadi ketika suara mesin mobil Mazda Vandtren juga masuk ke audio mobil. Kira-kira apa ya yang saya lakukan dulu untuk mengatasinya? 
  5. Akhir nya terjawab juga Cara mengatasi suara mesin yang masuk Audio Mobil yaitu dengan cara menyatukan kabel ground atau negatif tape mobil dengan body tape dan bersama-sama terhubung ke chasis atau ground body mobil. Dan tidak terdengar suara mesin nguing lagi dari tape mobil ketika mesin hidup.
Cara Mengatasi suara mesin masuk audio mobil

Jadi inti dan kesimpulan, penyebab serta mengatasi suara storing mesin terdengar di speaker adalah:
1. Tape mobil itu sendiri karena pada tape mobil pertama sebelum di ganti tidak terjadi storing suara mesin.
2. Pemasangan ground untuk body tape dengan ground untuk kabel negatif tape harus mendapatkan satu sumber ground.

Alarm Mobil Bunyi Terus atau Bunyi Sendiri

Otomotif Qita - Alarm mobil bunyi terus atau nyala terus. Sensor getar alarm di mobil berguna untuk membunyikan alarm ketika ada getaran disekitar mobil. Tidak perduli getaran itu dekat atau mungkin asal getaran berasal dari puluhan meter, seperti ketika ada pesawat lewat di atas, alarm langsung bunyi. Ada mobil lain lewat di samping, alarm bunyi. Semua tergantung kepekaan sensor getar yang menangkap getaran atau frekwensi rendah.

Biasanya modul remote yang di lengkapi sensor getar, terdapat bagian untuk mengatur kepekaan sensor getar. Baik terpisah atau berada di dalam modul remote.

Timbul masalah ketika setelan kepekaan sensor getar sudah minimal tetapi tingkat kepekaan tidak berubah..seperti yang terjadi pada contoh di bawah.

Bagaimana tidak, ketika mobil parkir di tepi jalan untuk jemput anak sekolah, alarm selalu bunyi kalau ada mobil lewat.

"Malu mas diteriakin teman-teman untuk jual saja mobilnya", keluh seorang ibu.

Setelah dicek modul remote, memang benar posisi potensio meter sudah minimal, solusinya bagaimana?
  1. Ganti modul remote baru yang sama no part nya, agar tidak merubah jalur kabel.
  2. Ganti modul remote yang banyak di jual di variasi mobil, tentu saja dengan sedikit perubahan jalur kabel.
  3. Atau dengan nonaktifkan sensor getar saja, sedangkan fungsi alarm tetap bekerja..
Berikut cara untuk menonaktifkan sensor getar pada modul remote yang tampak seperti gambar di bawah.

Gambar modul remote alarm toyota rush

Untuk modul remote seperti gambar diatas, cara mematikan atau non-aktifkan sensor getar tinggal di potong kabel warna kuning yang terhubung ke membran sensor dan fungsi alarm yang lain masih bekerja normal dengan memotong kabel tersebut.

Alarm mobil yang bunyi terus juga bisa di sebabkan karena ketika posisi alarm sedang aktif tetapi pintu mobil terbuka tanpa menggunakan remote. Cara mengatasi untuk hal ini adalah tutup semua pintu dengan baik, 'pada kebanyakan sistem alarm mobil' gunakan remote untuk lock pintu kemudian ulangi buka pintu dengan remote biasanya alarm tidak akan bunyi lagi. Atau bisa lihat juga Tips jika remote rusak atau hilang.

Mendeteksi Gejala Ball Joint Roda Bermasalah

Ball Joint pada mobil Toyota Innova
Ketika ball joint roda pada ARM sudah rusak atau oblag, maka gejala awal yang paling terasa adalah saat melibas jalan keriting atau bergelombang kasar. Sebab, akan menimbulkan bunyi kletek-kletek, dan roda pun terasa bergoyang. Otomatis getaran itu pun akan merambat sampai ke lingkar setir. Untuk memastikan pengecekan, lebih klop bila diikuti pengamatan terhadap permukaan ban.

Sebab, “Kalau ball joint sudah kena, camber pasti juga akan berubah. Bisa dilihat dari kondisi ban yang kemakan sebelah,” jelas Erwan dari workshop Aprilia Motor di kawasan Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Barat.

Lantas untuk memastikannya, coba dongkrak mobil sampai roda dapat berputar dengan bebas. Kemudian letakkan kedua tangan di posisi atas dan bawah roda dan mulai gerakkan dengan cara menarik dan mendorongnya. Kalau terasa sudah oblak, berarti prediksi kerusakan ball joint benar adanya. Solusinya, adalah ganti ball joint dengan yang baru.

Itulah artikel yang di ambil dari http://danzi-oto.blogspot.com/2011/11/deteksi-gejala-ball-joint-bermasalah.html

Catatan : cara di atas untuk periksa balljoint untuk mobil yang memiliki arm 2 yaitu arm atas dan bawah seperti roda depan Innova, gambar di atas.

Sambungan knuckle dengan shock absorber pada sedan

Sedangkan pemeriksaan gejala ball joint rusak untuk mobil dengan satu arm yaitu lower arm ( kaki udang ) seperti sedan dan ambil contoh avanza "tidak bisa di lakukan dengan cara meletakkan tangan di poisi atas dan bawah roda," kemudian di goyang-goyang tidak akan terasa oblag.

Sebabnya adalah karena knuckle tempat roda terpasang berpegang sangat kuat pada shock breaker.

Kalau terjadi oblag seperti saat melakukan pemeriksaan dengan menggoyang roda atas dan bawah untuk mobil sedan berarti bearing roda yang rusak atau support shock breaker rusak pada bearing support shock.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar